Penulis

TENTANG BLOG SEJARAWAN MUDA

sejarawanmuda.wordpress.com adalah sebuah blog yang khusus menyajikan artikel-artikel tentang sejarah. Ditulis secara populer agar lebih dekat dengan pembaca muda. Dilandasi keprihatinan atas kurangnya minat sebagian masyarakat Indonesia, terutama kaum muda. Kami berusaha menyajikan tulisan-tulisan ringan, dekat, dan jujur untuk menggugah kembali kesadaran sejarah kaum muda Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, begitu juga masa lalunya. Akan sangat disayangkan bila sejarah bangsa yang gemilang itu terlupakan begitu saja. Apalagi menanggapi isu-isu kontroversial tentang sejarah Indonesia yang kata orang sering “dibelokkan”.

Menyajikan tulisan sejarah yang dekat dan jujur, itulah harapan kami. Tulisan yang gampang dicerna, punya kedekatan dengan pembaca dan memberikan pemahaman baru. Selain itu Sejarawan Muda juga berbagi e-book dan film-film dokumenter terkait sejarah pada umumnya, karena belajar sejarah tidak melulu text book. Semoga blog sederhana ini bermanfaat. Selamat Menjelajah!

PENULIS SEJARAWAN MUDA :

IMG_0936

Fafa Firdausi

68658_552994894729238_1940324832_nLahir di Kediri, 22 Juli 1991. Merantau ke Kota Depok demi meneruskan pendidikan tinggi di Universitas Indonesia. Aktif menulis dan blogging sejak bersekolah di MAN 3 Kota Kediri. Penyuka traveling dan fotografi. Tulisan-tulisan perjalanan dan foto-foto jepretannya bisa dijumpai di blog Red Ransel dan galeri flickr-nya. Satu kutipan dari Kuntowijoyo yang menjiwai blog sederhana ini :

“Orang tidak akan belajar sejarah kalau tidak ada gunanya. Kenyataan bahwa sejarah terus ditulis orang, di semua peradaban dan di sepanjang waktu, sebenarnya cukup menjadi bukti bahwa sejarah itu perlu.”

Bisa dihubungi melalui: email fafa.firdausi@ymail.com

Twitter : @maspetriik atau Facebook: Fafa Firdausi

 *****

 Omar Mohtar

Lahir di Surakarta pada 17 Januari 1992, namun besar dan tumbuh di Tangerang. Menempuh pendidikan dasar di SDN Ciputat X, 1998-2004, dilanjutkan ke SMPN 2 Ciputat 2004-2007, dan MAN 4 Jakarta 2007-2010. Saat ini menjadi mahasiswa jurusan Ilmu Sejarah Universitas Indonesia. Salah satu kegiatan yang paling disukainya adalah backpacker meskipun baru sebatas di daerah Pulau Jawa.

Mulai tertarik menulis tulisan sejarah adalah ketika sering mendapat tugas paper atau makalah dari dosen-dosen di kampus. Awalnya mengira menulis karya sejarah itu sulit, namun ketika saya menemukan beberapa tema sejarah yang menarik, keinginan untuk terus menulis sejarah yang belum banyak diketahui orang terus ada.

Ingatlah kata-kata dari George Santayana :

“Mereka yang tidak mengenal masa lalunya, dikutuk untuk mengulanginya.”

Bisa dihubungi melalui: Twitter: @omarmohtarskm atau Facebook: Omar Mohtar

41 responses

  1. linknyah dah di pasang di special link … slamat berkarya n sukses slalu

    1. Ok…matur nuwun Kopral, semoga sukses selalu pula😉

      1. mas saya sungguh ingin masuk jurusan ilmu sejarah du Ugm susah kah mas? tolog darurat ni

      2. InsyaAllah, dgn belajar sungguh-sungguh BISA! Semangat ya🙂

  2. Pengen nangis!
    Sejak saya kecil, saya suka cerita. Saya suka menggali sendiri pesan apa yg ada dalam cerita itu.
    Mungkin perasaan kanak2 itu yg membuat saya jatuh cinta pada sejarah. Tapi entah apa yg membuat saya bingung,, antara yakin dan tidak dg jurusan sejarah.
    Karena sy juga suka pd sesuatu yg bersangkutan dengan psikologi seseorang.
    Tapi, tapi, tapi… Sy bingung memilih antara keduanya. Antara sejarah dan psikologi memiliki keindahan masing2, dan saya punya masing2 bayangan kebahagiaan apabila nanti mempelajari itu.
    Tapi rasanya, kebahagiaan mempelajari sejarah lebih tulus saya rasakan. Tidak bercampur dg alasan2 lain.
    Tolong nasehati saya kakak… Saya anak SMA kelas 3 yang lagi bingung..

    1. Senang rasanya ada sahabat yg juga punya passion terhadap sejarah. Saya panggil Senja aja ya…🙂

      Saya mau sharing saja, bahwa apapun yg kita senangi dan kita benar-benar enjoy di situ, jika kita geluti lebih dalam suatu saat pasti akan membawa manfaat bagi kita. Apapun itu. Itulah yg saya yakini ketika saya memantapkan pilihan untuk masuk di jurusan sejarah.

      Saat itu saya sadar betul, pilihan saya ini kalau dibandingkan dengan disiplin ilmu yg lain sangat tidak populer. Bahkan orang tua saja belum sepenuhnya bisa saya yakinkan. Tapi yang namanya hati tak bisa dibohongi ya. Sudah sejak masa SMP saya suka sejarah dan saya ingin menjadi seorang akademisi sejarah. Waktu itu sama sekali saya tidak berpikir macam-macam akan jadi apa setelah lulus kuliah nanti, yg saya pikirkan adalah bagaimana memanfaatkan bidang yg saya sukai ini untuk kehidupan saya nanti. itu saja dan saya percaya.

      Saya tahu betul seperti apa kebingungan Senja, karena sudah berkali-kali saya membantu adik-adik angkatan saya tentang pilihan masuk perguruan tinggi. Saran dari saya kalau memilih, pertama kali sesuaikan dengan kata hati. Di mana kamu merasa enjoy, ya ikuti saja. Kedua, pastilah kepada orang tua kita. Komunikasikan secara baik, dari hati ke hati, dengan orang tua tentang pilihan Senja. Kalau sudah sama-sama memahami InsyaAllah akan mudah nantinya. ketiga, bersikap realistis. Meskipun kita masuk pada pilihan yang sesuai hati kita, tapi kalau tidak di-planning dengan baik ya akan nihil hasilnya. Pikirkan baik-baik langkah2 jangka panjang ketika kita nanti sudah kuliah.

      Saya yakin Senja pasti bisa, Good Luck ya😉

  3. @ Senja Kelabu, intinya pertama mantapkan niat, kalau memang sudah niat di salah satu bidang, jalani dengan sepenuh hati, dan juga jangan lupa meminta izin dengan orang tua, tanpa izin dari orang tua, saya rasa percuma. Jangan dengarkan apa kata orang tentang kuliah di jurusan Sejarah, jika kita serius dalam satu bidang kita bisa berhasil di bidang itu. Tetap semangat !

  4. saya suka sekali sejarah,tolong dikasih tips”nya biar bisa masuk jurusan sejarah di ptn indonesia

  5. Kawan, bisa gabung nggak jadi kontributornya?🙂
    Kebetulan saya senang menulis sejarah juga.

    Tp background saya teknik Sipil ITB🙂
    Beberapa tulisan saya dimuat di lenteratimur.com dan panyingkul.com

    1. Dengan senang hati Mas Rusle… Sejarawan Muda memang bermaksud untuk mengajak peminat2 sejarah untuk turut menulis di sini. Tema2 tulisan kami bisa dilihat di side kategori. Untuk menjaga validitas dan originalitas harap selalu cantumkan sumber referensi, terutama buku acuan. Tulisan bisa dikirim ke email : fafa.firdausi@ymail.com

  6. penyuka sejarah | Balas

    salam gembira krn ketemu sejarawanmuda…..yang saya pahami slama ini bhw sejarah dgn beragam tokoh,latar kejadian,waktu;tetaplah ada sesuatu yg konstan dari semua kejadian,yaitu hukum sejarah beserta alur yg satu disetiap zaman…..
    sy cuman minta tolong pd sejarawanmuda agar ditunjukkan buku yg berbicara ttg “psikologi sejarah” atau “hukum sejarah”…dengn harapan sejarah apapun yg sy baca sy bisa memeras banyak hikmah dan pelajaran bernilai dr setiap peristiwa…trims berat

  7. Roedy Haryo Widjono AMZ | Balas

    Saya bangga pada anak muda yang cinta sejarah. Teruskan menulis tentang sejarah, sebagai pencerah agar bangsa kita tidak mengidap penyakit amnesia histori. Salam dari Samarinda.

    1. Yups.. terima kasih🙂
      Semoga kami bisa terus memberikan informasi2 menarik dan penting😀

  8. Murni anggreini | Balas

    Bingung bingung !!
    kalo aku baru aja diterima di universitas diponegoro semarang mas, di jurusan sejarah indonesia..
    kalo jurusan sejarah indonesia itu yang gmana ya? sama gak si dengan ilmu sejarah?
    jujur saya masi ragu mas, krna pada waktu mengikuti SNMPTN saya iseng saja memilih jurusan sejarah indonesia, eh ternyata malah lulusnya disitu..
    mohon dijelaskan dan tolong sarannya..
    terimakasi🙂

    1. Wah, mohon maaf nih Murni… Admin kan kuliahnya di UI, jadi kurang begitu tahu tentang jurusan Sejarah Indonesia di Undip itu sama ato nggak dgn yg di UI…

  9. saya hampir menangis membaca tulisan kakak (krna saya di warnet g mungkin jg kn nangis) saya jujur, sangat suka dengan sejarah. setiap ada latihan soal, tryout, bahkan ujian saya selalu mendahulukan sejarah. tp, saya jg jujur saya ragu akan prospek kerja kedepan yg bsa sya dpt setelah lulus sbg sarjana sejarah. sbtlnya sejarah bukan jurusan cita-cita saya, tp yg sya tau hal kedua yg saya sgt suka adalah sejarah (sya bahkan beli buku atlantis 2 buku). sya setuju dgn yg kakak katakan, mengenai niat awal masuk suatu jurusan. tp berhubung sya dri keluarga yg bs dikatakan menengah ke bawah, memikirkan hrs memiliki pekerjaan yg bs membantu keuangan keluarga sya. sya memutar otak untk segera mengambil jurusan sejarah atau engga. hiks maaf kak jd curhat😥 mnrt kakak sya ambl sejarahny atau engga (klo sya ambil nnti kta ketemu :3)

    1. Loh ambil di UI jg ya…
      Hehe keputusan sepenuhya di tangan masing2 individu. Tulisan saya itu sifatnya lebih kepada penyemangat dan motivasi bagi yg temen2 yg ngambil jurusan minor (di sini contohnya sejarah).

  10. chafid cah uin jogja | Balas

    terimakasih sahabat fadrik.. tulisan anda begitu menggugah kesadaran dan sangat bagus untuk mengubah pola pikir masyarakat yang masih dirasa pragmatis dalam menjalani kehidupan.. saya sangat mengapresisi tulisan anda untuk lebih memberikan makna dan warna yang dalam dan luas tanpa ada batasan-batasan, demi terciptanya kekaryaan yang kontinyu… sebelumnya saya mau minta izin untuk mengunggah tulisan anda ini pada area internet dan jejaring sosial yang lain boleh? tentu saja akan saya sertakan identitas dan web anda sebagai pengarang, tanpa sedikitpun minat untuk plagiasi… hal ini agar terciptanya informasi yang menjangkau masyarakat luas. atas pertimbangannya saya ucapkan terimakasih. salam kenal dari saya Chafid Masrur Afida mahasiswa Sejarah dan Kebudayaan islam UIN Sunan kalijaga Yogyakarta asal Nganjuk Jawa timur…

    1. Terima kasih atas apresiasinya, Mas. Dengan senang hati kami mengizinkan tulisan di blog ini di-share ke khalayak umum. Tentu dgn tetap mencantumkan nama penulis dan alamat blog ini. Untuk kebaikan bersama monggo…🙂

      1. chafid cah uin jogja

        terimakasih atas perizinannya.
        silahkan sahabat mampir sejenak ke blog saya, tapi akhir2 ini memang saya jarang update karena masih banyak agenda2 lain. hehe

  11. Salam pemuda…..!, Trim’s atas blog nya…., semoga kita anak muda indonesia tahu dan paham tentang sejarah , dengan sejarah kita bisa berubah ke arah yang lebih baik….

  12. ehm,,masalah saya tak jauh beda dengan masalah temen-temen di atas, saya sangat menyukai sejarah, mau untuk belajar sejarah, dan minat untuk terjun mempelajari salah satu disiplin ilmu ini,,sekarang saya duduk di kelas XII, dan keinginan terbesar saya adalah masuk jurusan ilmu sejarah, tapi yang menjadi kendala adalah orang tua, yang tidak menyetujui keputusan saya. Saya sudah mengungkapkan keinginan ini jauh-jauh hari, sampai akhirnya saya mencoba untuk mulai menyukai bidang ilmu yang diinginkan orang tua saya, saya mampu dan bisa melakukannya, tapi hati saya masih mengatakan bahwa ini bukan yang kau minati bukan yang kau sukai. Imajinasi saya terus berkembang untuk sejarah, tentang candi, prasasti, kitab lama, arsip-arsip, artefak atau apalah. Dan imajinasi-imajinasi saya itu semakin membuat saya bingung menentukan pilihan.
    Masalah saya yang kedua adalah saya sangat berambisi untuk mengukur sejauh mana pengetahuan saya tentang sejarah,,saya sering mencari kompetisi-kompetisi mengenai sejarah tapi tidak pernah bisa mendapatkan kesempatan mengikutinya,,saya bingung dengan ambisi saya ini, kenapa saya bisa mempunyai ambisi yang terus terpendam sampai hari ini, dan belum bisa menghilangkannya, saya takut ambisi ini menganggu saya untuk mempersiapkan UN 2013,,
    Masalah saya yang ketiga adalah saya sangat ingin menulis tentang sejarah, saya ingin sekali bisa mengeluarkan pendapat-pendapat saya mengenai sebuah kajian sejarah, mengenai tulisan-tulisan yang saya baca di blog. saya ingin sekali menuangkan ide-ide saya dengan membuat artikel, saya sudah berkali-kali mencobanya tapi saya belum bisa menuangkannya dalam kata-kata, apa saya tidak punya bakat untuk menulis? tapi bukannya bakat itu adalah hasil belajar dan terus mencoba, tapi saya selalu gagal melakukannya,
    sekiranya saya ingin tahu pendapat anda mengenai masalah-masalah yang sekarang saya hadapi dan saya berharap anda bisa memberikan saran…
    sebelumnya terimakasih

    1. Wah kompleks sekali… Saya mungkin tak bisa bicara banyak, sekadarnya saja, tapi semoga bisa sedikit membantu.

      Memang pelik kalau sudah berhadapan dgn keinginan kita dan org tua yg tidak klop. Saya sendiri mengalaminya, bedanya org tua saya masih memberi kebebasan. Saya sarankan Anda untuk bicara kembali dgn org tua. Buat kompromi. Misalnya, dulu org tua menyuruh saya ambil jurusan pendidikan bhs Indonesia atau diskomvis. Saya ikuti itu, tapi saya juga memohon untuk juga bisa pilih sejarah di universitas yg berbeda atau di pilihan kedua. Jadilah saya ambil sejarah UI dan diskomvis UM. Meski prakteknya saya ttp bandel, dgn menempatkan sejarah di pilihan pertama dan diskomvis kedua, namun jika dikomunikasikan dgn baik org tua pasti mau mengerti. InsyaAllah…

      Untuk permasalahan sulit untuk menuangkan gagasan dlm tulisan, saran saya satu: tulis saja apa yg ada di otak. Biarkan gagasanmu mengalir. Hasilnya ruwet atau jelek, itu bukan soal. Tiap penulis pun juga begitu awalnya. Tidak ada yg instan kan.. Terus saja coba menulis, pelan-pelan belajarlah untuk menata gagasan secara runtut. Sebelum menulis cobalah kamu buat outline/ garis besar gagasan yg ingin ditulis. Pelajari pula teori2 ttg penulisan dari buku2 atau internet. Baik juga kamu ‘nyontek’ dulu gaya tulisan penulis yg kamu suka. Ikuti cara si penulis ini menulis. Namanya juga belajar, pasti butuh proses. Sabar dan terus mencoba ya, InsyaAllah bisa!

      Punya ambisi boleh, itu perlu, tapi jgn jadi ambisius. Itu malah jadi beban nantinya. Jgn pikirkan ikut lomba atau kompetisi utk ‘sekadar’ mengukur kemampuan. Ada yg lebih penting drpd itu, berbagi ilmu dgn berkarya. Niatkan saja ikut lomba, menulis misalnya, untuk berbagi.

      Semoga sukses😀

      1. Terimakasih atas saran yang diberikan, InsyaAllah mulai sekarang saya akan mulai mengintropeksi diri saya sendiri, kemudian mempertimbangan segala kemungkinan dan saran yang anda berikan,,
        tapi ada yang masih jadi pertanyaan buat saya…saat anda menuliskan jurusan sejarah di pilihan pertama sedang anda mengatakan kepada orang tua bahwa jurusan sejarah dipilihan kedua…adakah perasaan bersalah dalam diri anda??

      2. 🙂 Pada dasarnya semua orang tak ingin berbohong dan alhamdulillah orang tua saya cukup mengerti kenapa saya melakukannya…

      3. Itulah pentingnya komunikasi dgn orang tua, Good Luck ya!

  13. He he….semangat ya terus jadi sejarawan. Kalo di UI , sejarahwannya harus berani tampil dong. Saya dulu tahun 1987-an sudah berani nulis di koran pake nama sendiri diembel-embeli sebagai mahasiwa jurusan sejarah FSUI Depok./ Sekarang kok pada nggak keliahatan nih. Jangan takut, sejarahwan punya satu limu yang gak dimiliki ilmu lain, MEMAHAMI SESUATU SECARA KAUSALITAS. ini ilmu sejarahwan. Kemana aja bisa kok berkiprah. SUkses dan sejarahwan jangan takut dong bicara tentang bangsa dna negara. seharusnya yang bicara tentang bangsa, negara dan semua hal yang berkaitan dengan pemerintahan dan kehidupan bernegara itu ya sejarahwan. COba berani ya! SUkses selalu, MSA alumnus Sejarah UI 1985

    1. Wah ada abang dari masa FIB masih FS nih…🙂
      Makasih Bang atas dorongan dan semangatnya. Kita akan selalu berusaha Bang!

  14. wah seru sekali ya tulisannya..pasti admin merupakan orang-orang yang sangat menghargai sejarah dengan layaknya
    kok ga pernah terdengar juga sebelumnya ya, setelah saya tahu kalo blog ini umurnya udah cukup agak lama.

    1. Biasa… proyek rahasia haha

  15. quote nya yang terakhir mantep mas bro… “dikutuk dan terkutuk”🙂, salam kenal mas🙂

  16. Salam kenal buat para penulis, saat ini saya sedang mencari nara sumber mengenai sejarah Pulau Ternate khususnya sekitar abad ke 16, apakah teman teman bisa membantu saya? Terima Kasih

    1. Kalau boleh tahu, untuk keperluan apa?

      1. Untuk pembuatan film dokumenter, tepatnya ttg perjalanan Sir Francis Drake yg singgah di Ternate

  17. Nyari film pernikahan fatimah,film saat mau berangkat ke palembang.atau anda bisa beritahu nama perusahaan film nya dan alamatnya.hub ke email sy yg ada di web itu.trims Klik http://www.abdulmalikarasy.wordpress.com minta bantuan pencarian arsip

    1. Mungkin bisa Anda telusuri di Arsip Nasional RI, Perpustakaan Nasional RI, atau di Sinematek Jakarta.

  18. keren banget kak🙂 salam kenal kak, saya mahasiswi jurusan fakultas hukum, jujur saja saya masuk jurusan ini karena keinginan orang tua saya dengan melihat prospek kerja ketika saya lulus dari fakultas hukum. tapi tidak bisa dipungkiri sebenarnya hati ingin sekali terjun ke dunia ilmu sejarah. sebenarnya bisa saja disinkronkan antara ilmu hukum dan ilmu sejarah karena memang ada garis merah. tapi tetap ada keinginan bisa sekolah di ilmu sejarah besok. makasih kak, blognya menginspirasi

    1. Terima kasih sudah mampir. Semoga sukses dengan studinya ya🙂

  19. Maav sebelumnya mas/abang yang saat ini masih blajar di UI boleh gak saya minta link film dokumenter a house in the jungle 1969 ( soe hok gie ) tentang transmigrasi yg di sutradarain john power dari TV ABC Australia dulu cuma metro files yg berani menayangkan nya,dan pernah menang di ajang FFI 2006,apa link nya mas/abang masih punya video nya atau link nya?
    Makasih sebelumnya

    1. Maaf, saya tidak punya arsip film tersebut atau link-nya.

  20. Drs jaka Sarwanta SH MHum MKn | Balas

    Saya pengin menulis sejarah tapi kena oleh sesuatu hal terutama waktu dimana saya bisa bertemu dengan penulis buku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: