Masuk Jurusan Sejarah, Ada Apa? Mau Jadi Apa?

Maaf untuk suatu keperluan artikel ini saya pindah ke blog baru. Silakan baca artikel lengkapnya di sini.

163 responses

  1. Bagus kak. Saya setuju banget.
    Kata orang tua saya juga kalo kuliah pilih jurusan yang disukai, jangan terlalu memikirkan prospeknya.
    Makasih ya kak, bikin makin semangat nih😀

    1. Iya makasih jg dah mampir😀
      InsyaAllah, klo suatu bidang yang kita minati itu terus ditekuni pasti suatu saat ada manfaatnya buat kita. Seneng bisa berbagi semangat…. Keep Moving Forward!!!

    2. menurut saya prospek juga penting tanpa prospek yng tdk jelas mnimbulkan keraguan

  2. bagus kak, kuliah emang pure untuk mencari ilmu, KARENA 70% orang bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang dipilihnya di universitas. seperti yang saya tonton di film 3 Idiots, disitu disebutkan kalo kita bahagia dulu maka sukses akan mengikuti dengan sendirinya. keep writing senior🙂

    1. makasih…kak nama saya anas anwar nasirin sekarang saya tinggal di psaa darul inayah minta doa nya aja saya bisa lulus SNMPTN 2015 di UGM jurusan ilmu sejarah amin….

      1. Kami turut mengamini, semoga diterima ya. Semoga dapat yang terbaik. Do your best🙂

  3. klo dah cinta, pasti jalan terbuka

  4. terima kasih ya.. saya sememangnya minat sejarah, dan sudah pun diberi tawaran,saya juga terima tawaran itu.. jadi sekarang saya hanya fikir untuk belajar apa yang saya minati, saya tidak mau memikirkan soal kerja sekarang, walaupun ada persoalan yang timbul di hati saya.. kak apa nasihat untuk saya? terima kasih ya kak.

    1. Sebelumnya terima kasih ya, Harry udah mampir ke blog ini…😉
      Mungkin bukan nasehat ya, belom pantes ini disebut nasehat, sekedar saran saja. Mungkin bukannya kita tidak memikirkan tentang kerja, itu penting juga lo (udah saya jelasin juga kan di postingan). Tapi mungkin fokus kita sekarang, prioritas kita sekarang, di awal masa kuliah ini sebisa mungkin adalah untuk belajar. Yang penting kita fokus pada apa yang kita minati itu, apapun itu. InsyaAllah pasti ada jalan klo kita mau usaha. Yang penting sekarang adalah tetap istiqomah, tetap jaga semangat! jalan masih panjang kawan…😀

  5. bagus bosssssssssss……………..
    saya diterima di snmptn ambil ilmu sejarah,,,,,
    maksih penjelasanya jd sekarang saya tidak ragu lagi

    1. Alhamdulillah temen baru nih… Selamat kawan😀
      Tetep jaga semangat!

  6. Saya juga baru dapat tawaran jurusan sejarah… hmm…. respond surrounding saya memang tidak mengelakkan due to our economic condition.. susah dapat kerja.. but so far I still believe that we can succeed if we believe in what we want.. am I gonna accept the offer? i still do not know… tapi posting saudara bagi saya sudah more to think about..

  7. sebelumnya,Salam sejarah!!

    tulisan anda bagus sekali kak,,

    saya juga dari jurusan sejarah, jurusan ini memang jurusan yang saya idam-idam kan dari SD sebelumnya (Jujur) hhehe
    namun entah ketika di awal semester 1 saya jadi bingung:SEJARAH? Mau ngapain?

    untunglah ketika kuliah, dosen-dosen memberikan dampak yang luar biasa ternyata, pola pikir kita diarahkan untuk mencari dan menimba segala sesuatu (ilmu) bukan dilihat dari jurusan atau sesuatu yang mungkin terekspektasi mengenai hal itu, tapi tergantung kepada orangnya apa ia bisa menggunakan kesempatan yang Tuhan berikan atau tidak.

    Sekedar tambahan kak, jurusan sejarah ternyata sudah bisa bekerja di departemen luar negeri, PBB (perserikatan bangsa-bangsa). Saya tahu kabar ini dari kakak kelas saya. sudah banyak jurusan kita yang berhasil membuktikan kalau jurusan sejarah bisa masuk kemana aja. Harapan saya kak semoga pikiran masyarakat tentang jurusan sejarah bisa terbuka lebar bukan menjadi guru, penjaga museum dan lainnya (Tetangga sebelah, keluarga saya bilang sejarah hanya bisa jadi guru doang:Miris), terutama kak semoga negara kita bisa menghargai jurusan ini sebagai jurusan untuk membangun negara kita ke arah yang lebih baik, sayang kak penguasa kita menolok ukur kemajuan suatu negara melalui politik, ekonomi bukan pada SEJARAH! jadi beginilah negara kita saat ini😛

    Kita doakan ya kak,semoga jurusan kita suatu saat bisa jadi hakim bagi penguasa kita, agar negara kita jadi lebih baik.

    salam sejarah kak
    viva historia

    GBU

    History UNPAD ’10

    1. Terima kasih Daniel atas kunjungannya…🙂

      Sebenarnya kalau diluaskan, tulisan ini saya maksudkan juga untuk studi2 yang selama ini juga terpinggirkan seperti sejarah. Semoga pola pikir masyarakat kita segera berubah ya. Semangat selalu buat Daniel, moga sukses studinya😀

      kapan2 mampir lagi ya… Viva Historia!

  8. viva historia juga mas…

    sukses ya !!! =D

  9. terima kasih banyak atas informasi, sugesti, dan motivasinya kak,
    sekarang saya duduk di bangku SMA kelas 3, pilihan pertama saya adalah mengambil jurusan sejarah ini. pada awalnya saya tidak begitu suka dengan sejarah, karena sejarah itu membosankan, alasannya adalah untuk apa kita belajar sejarah? sejarah pada saat ini kan udah didistorsi? jadi buat apa kita belajar hal yang palsu?
    dari pertanyaan itulah saya punya keinginan untuk mencari sejarah asli, sejarah yang sulit dicari, sejarah yang membuat saya tertarik untuk berpetualang..
    lalu, apa yang akan saya lakukan jika saya sudah menemukan sejarah asli? jawabannya satu,
    share!!hehe
    bagaimana kak? apakah yang saya katakan itu benar?
    terima kasih atas perhatiannya😀

    1. Sebelumnya, terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini😀
      Sepanjang pengetahuan saya nih ya, sejarah (terutama di Indonesia) harus kita akui memang belum bisa menarik minat sebagian besar pelajar di Indonesia. Alasannya bermacam2, salah satunya ya karena membosankan itu. tapi apa benar membosankan? Sebenarnya lebih tepat kalau dikatakan sejarah itu “tidak praktis”, dalam arti bukan sesuatu yang dengan mudah dipelajari dengan rumus-rumus. Berbeda dengan pelajaran eksakta atau ekonomi. Saya merasakan sendiri bahwa membaca buku sejarah itu tidak bisa satu kali baca lalu langsung bisa. Dan kita tidak cukup membaca satu buku saja. Itu mungkin salah satu faktor yang membuat jenuh. Apalagi ada asumsi bahwa kita harus hafal tanggal2 bersejarah diluar kepala. Terkadang saya tertawa mendengar hal itu. Sejarah bukan seperti itu, sama sekali bukan hafalan. Memang satu faktor utama kalau kita mau terjun menekuni sejarah, niat dan semangat! tanpa itu, yaaa sejarah akan membosankan. seperti yang Farouq bilang tadi, karena kita tidak ada passion di situ.

      Lalu sejarah banyak didistorsi, sehingga yang kita terima itu sejarah palsu, apa benar? Jawabannya masih berhubungan dengan jawaban pertanyaan pertama di atas. Karena bukan ilmu praktis, maka sejarah tidak serta merta melahirkan satu versi. Jika nanti Farouq duduk di bangku kuliah (di jurusan sejarah) akan diberikan mata kuliah Metode/metodologi sejarah dan historiografi. dalam kedua mata kuliah inilah nanti Farouq akan tahu mengapa sejarah melahirkan banyak versi.

      Sebenarnya, apa yang saya tulis ini tidak hanya mencakup peminatan sejarah saja. Kalau Farouq lihat, banyak juga lo ilmu-ilmu murni yang lain yang sepi peminat. Karena saya mahasiswa sejarah, ya saya nulis tentang sejarah. Tapi keadaan yang sama juga dialami peminatan yang lain, biasanya sastra. Tetap semangat ya, Farouq…🙂

  10. Terimasih bwt yg punya blog… menyemangati saya untuk terus belajar SEJARAH di JURUSAN SEJARAH. Meskipun pd awalnya kurang senang masuk jurusan ini tp ternyata mengasyikkan. Masuk jurusan ini karena memilihnya juga terserah. Pd wktu itu yg penting masuk Univ. Negeri hehe…. byrnya biar tdk trlalu mahal jg… hehe.. Ternyata saya sangat dan teramat sangat kurang sekali pengetahuan saya mengenai sejarah negeri ini yang begitu luar biasa bahkan sejarah dunia.
    Meskipun pd awalnya malu, krn banyak yg mencibir… krn sejarah itu Banyak orang yang mencibir… Masuk Sejarah mau bothak belakang kepalanya…. Ilmu yang gak pernah maju… Ilmu yang selalu mundur…. gak dibutuhkan di dunia kerja…. Jurusan yg gak bgts… membosankan…. dsb…
    Sejarah itu memang mempelajari masa lampau tetapi juga berkaitan dengan masa sekarang dan bahkan buat pelajaran untuk masa yang akan datang………
    “Toh rejeki ada ditangan Tuhan.. tinggal bagaimana cara manusia berusaha dlm hidupnya, berusaha, berdoa, berikhtiar dan bersyukur, serta mengaplikasikan ilmu yg telah di dapat ”
    (Mhswi smster atas Jur. Sejarah)

    1. Saya yakin anda juga telah menemukan “sesuatu” di sejarah🙂
      Ya… kita-kita inilah yang punya kesempatan dan tugas untuk merubah pandangan itu. Dan tepat sekali, sejarah adalah refleksi untuk melihat kekinian.

      Semoga bermanfaat, Salam🙂

      1. ka saya mau tanya nih tentang sejarah emang benar kalau ambil jurusan sejarah bisa kerja dimana aja ????

      2. Setahu saya, kuliah di jurusan apapun peluang kerjanya sama saja. Kecuali klo institusi yg buka lowongan kerja emang minta jurusan yg spesifik. Intinya, kuliah jurusan sejarah tak ada kewajiban untuk jadi sejarawan. Begitu juga misalnya kuliah di fakultas hukum tak ada kewajiban untuk jadi hakim…🙂

  11. KENALI, KETAHUI, DAN PAHAMILAH SEJARAH MU SEBELUM ORANG LAIN YANG LEBIH MENGETAHUI DAN MEMAHAMI SEJARAH MU….

    1. Yap… jargon yang memotivasi sekali🙂

  12. Posting yang menarik. Biarpun saya kuliah di Sastra Inggris, saya termotivasi oleh artikel ini.

    Sebelum di sastra, saya adalah seorang ‘mahasiswa’ di jurusan arsitektur. setelah saya jenuh, saya pindah ke jurusan yang menurut saya adalah minat di dari dalam hati saya, sastra. di sastra saya belajar sejarah, budaya, cara menulis, dll. saya merasa seperti mahasiswa yang sebenarnya dan mendapat banyak pelajaran dan pengalaman. jadi saya setuju dengan pendapat Anda di artikel ini, bahwa jurusan tertentu tidak akan memberikan pelajaran apa-apa bagi yang asal kuliah saja.

    Saya dahulu memilih jurusan Arsitektur karena saya memang senang menggambar, tetapi yang lebih mendominan dari keputusan saya adalah bahwa prospek di jurusan arsitektur sangat tinggi, dan lulusan arsitektur dapat merambat ke banyak jenis pekerjaan, sebut saja 3d modeller, arsitek, konsultan, etc. setelah 3 semester saya hanya belajar arsitektur dan serajin-rajinnya saya pelajaran itu tidak bisa masuk ke otak. Kualitas menggambar saya pun (dan minat menggambar juga) semakin menurun seiring tingginya semester yang dipijak. saya stress dan dengan bantuan ketua jurusan, saya diarahkan untuk pindah ke jurusan yang bagi orang awam beresiko tinggi tetapi sangat menarik hati dari kecil, yaitu sastra inggris. setelah pindah, rasa menyesal karena buang waktu dan uang memang ada, tetapi semangat kuliah yang bangkit dan terpacu karena pelajaran-pelajaran yang menarik minat saya, berhasil menutup rasa menyesal itu.

    Seperti jurusan sejarah, jurusan sastra sepi peminat di universitas saya. di arsitektur ada 150an di satu angkatan, di Sastra hanya 40an orang. hahaha.. drastis sekali. tetapi saya malah tidak minder. saya merasa ada progress menjadi mahasiswa sebenarnya. bertambah ilmu, semakin kritis, wawasan diperluas, dll. Saya juga yakin, jurusan kita, apapun itu, jika kita mengabdikan dan menjadikan berguna bagi orang lain, pasti kita akan sama levelnya dengan manager, arsitek, menteri, dll.

    So, hanya ini sharing saya. hehehe. btw, soal sejarah itu hapalan tok, saya kurang setuju. sejarah itu dinikmati ceritanya, penyebabnya dan akibatnya di dunia nyata. Sejarah hapal dengan sendirinya kalau benar-benar tertarik untuk mempelajarinya dan sharing kepada orang lain. Dengan kita sharing, kita terpacu untuk menyampaikan data yang akurat dan ada dasarnya, dengan itu mau tidak mau kita cari data-datanya, kalau dapat biasanya ada rasa senang dan menurut saya 60% pasti bakal diingat dengan otomatis.🙂

    Jika ada yang kurang mengena (ngelantur hehe) mohon saran dan kritiknya. Soalya saya nulis komen ini rada ngantuk n buru-buru hehe #masaUTS

    Salam Mahasiswa, bro..

    1. Wah… sharing yang menarik ini, Mas Clifford🙂
      memang kalau sudah masalah hati, ndak ada yang bisa menghalangi. Masukan yang menarik buat pembaca yang lain juga.

      Beberapa waktu lalu dalam sebuah kesempatan, dosen saya, Dr. Bondan Kanumoyoso, berpesan (kurang lebih) begini : “Sebenarnya yang membuat sejarah kurang begitu diminati adalah kenyataan bahwa di sekolah2, dari SD sampai SMA, kita mempelajari sejarah yang jauh dari kehidupan keseharian. Padahal sebenarnya sejarah itu adalah tentang manusia. Jadi saya pikir yang perlu adalah menjadikannya lebih dekat dengan keseharian kita.”

      Semoga bermanfaat, dan terima kasih atas atensinya…. Salam🙂

      1. i love sejarah………….
        saya selalu diejek karna terlalu suka sejarah……mereka bilang aku orgnya tak mau maju kalau terus berpikir tentang masa lalu………tapi yg namanya suka tetap suka……..never give up……….

  13. SEJARAWAN MUDA…. Saya mau tanya… Bagaimana cara agar sejarah itu menjadikan lebih dekat dengan keseharian kita?

    1. Menulis sejarah yang kontekstual dengan kekinian. SM rasa itu yang perlu ditingkatkan. Maksud kami, mengajak orang menulis sejarah berangkat dari hal-hal disekitar kita atau dari fenomena kekinian. Semisal saja kita tertarik menulis tentang kereta api. Kereta api yang sehari-hari menjadi tumpuan masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk mobilisasi kerja dan keperluan lain. Jadi jika kita cari sejarahnya, akan sangat menarik melihat perkembangan kereta api dari dahulu hingga sekarang. Kita jadi tahu, mengapa kereta api menjadi penting artinya bagi kehidupan masyarakat kita….

      banyak dimensi-dimensi sejarah yang sebenarnya bisa kita ketengahkan karena relevansinya dengan masa kini, yaitu Politik, budaya, sosial, ekonomi, dll

      1. kalau kita bertanya pada murid tentang ====> peristiwa proklamasi 1945…. beritanya disebarkan melalui apa? Jawabannya Apakah melalui selebaran-selebaran yang disebarluaskan…..
        Apa melalui friendster, facebook, twitter, email, SMS, BB-an???? Atau yang lain???

        Nah… kalo seperti yang tersebutkan diatas gimana??? Itu bersifat kekinian atau bukan???

      2. Sebenarnya agak bingung juga menjawabnya. Tapi jelas pertanyaan itu adalah pancingan yang cerdas…. berangkat dari apa yang murid kenal saat ini, dan sekaligus bisa menjelaskan betapa perjuangan rakyat adalah melalui kerja yang keras 🙂

        Yang saya maksud konteks “kekinian” di sini adalah sebuah peristiwa sejarah memiliki pengaruh2 atau masih berhubungan dgn masa kini. Atau juga ketika kita melihat suatu fenomena di jaman ini, apakah dahulu pernah terjadi? Kapasitas kami sebagai mahasiswa menyimpulkan begitu. Dan “kekinian” itupun punya banyak sisi juga, tergantung yang melihat.

  14. YANG PUNYA BLOG INI MASIH SMA YA?????

  15. thanks kak..taun dpn saya mau coba sejarah unair..doakan sy.

    1. Yap…🙂
      semoga berhasil ya, keep fighting!

  16. saya mau tanya , anda kuliah di jurusan sejarah seperti apa cara belajarnya, dan apakah yang membuat anda menarik untuk belajar sejarah?

    1. Kalau ditanya seperti apa cara belajar di jurusan sejarah agak ribet juga jawabnya…hehe
      Pada dasarnya sih, mahasiswa sejarah ditekankan untuk banyak membaca dan menelaah buku. Di sini materi yg dikasih sama dosen bisa dibilang hanya pengantar saja. Misalnya kita kuliah tentang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dosen hanya menjelaskan kepada kita garis besar dari materinya saja, selebihnya mahasiswa mencari sumber2 sendiri dan diskusi. Tapi tetap proses ini dibimbing dosen. Seperti itulah kurang lebih. O ya, kita juga dianjurkan untuk mengasah kemampuan menulis dan menganalisa, soalnya ya itulah senjata utama para sejarawan.

      Kalau soal apa yang menarik itu relatif ya. Saya sendiri masuk sejarah karena memang saya merasa enjoy di bidang ini dan ingin konsen menekuni penulisan sejarah. Mungkin sejarah memang bukan bidang yang populer ya, tapi kalau serius ditekuni saya yakin akan ada manfaatnya buat saya, juga buat yang lain🙂

      1. ouu… hhe.. terima kasih.. infonya😀
        jadi semakin semangat saya belajar..😀
        insya.allah saya juga nanti maw masuk jurusan sejarah kalau kuliah..😀 aamiin..🙂

      2. Amiin… semakin banyak temen nih nanti. Semangat selalu ya Achi🙂

  17. kalo mau ngambil jurusan sejarah sebaiknya saya sekolah dimana?

    1. Wah, kalau soal itu relatif ya… PTN yg ada jurusan sejarahnya setahu saya Universitas Negeri Malang, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, dan Unesa Surabaya. Tiap PTN itu punya pengkhususan bidang sejarah sendiri-sendiri, seperti UM yg fokus pada pendidikan sejarah dan sejarah kuno Indonesia atau Undip yg fokus pada sejarah kemaritiman. tinggal disesuaikan dengan minat saja🙂

      1. saya semenjak kelas 1 SMA sudah punya passion di sejarah, jangankan untuk jurusan kuliah kak, di tingkat SMA saja tuh sejarah masih dianggap sebelah mata, terutama oleh teman2 sekelas saya di jurusan IPA. saya memang appreciate banget sama sejarah karena konsepnya itu analisis dan otentis, jadi kita dituntut kreatif juga untuk menyatukan fakta dan opini kita dalam suatu essay sejarah. oiya saya mau tanya kak, kalau sejarah UI itu sendiri fokus nya kemana ya?

      2. Sepanjang pengetahuan kami, Ilmu Sejarah UI lebih cenderung ke arah sejarah politik. Namun, itu tidak menutup kemungkinan untuk bidang2 sejarah yang lain.

  18. selain di indonesia, dinegara mana lagi saya bisa ambil jurusan sejarah?

    1. Yang paling favorit tentu saja di Leiden, Belanda sana..

    2. ROSSYTA DIAN S. | Balas

      DI BELANDA krn penulisan sejarah di Indonesia pd masa penjajahan bersifat BELANDA SENTRIS…….

  19. masuk jurusan sejarah, apakah belajar juga tentang perabadan islam atau tentang peradaban yang lainnya?

    1. Ya jelas kalau itu hehe, meskipun tidak dimasukan kurikulum pun kita mempelajarinya🙂

  20. jadi semangat, aku udah keterma di ilmu sejarah,, karena aku sejarah jadi aku ngambil jurusan ini,, dan yang di omongin di atas buat aku semangat banget.. maksih yaa,,

    1. Yap…sama2 Ita, semangat selalu yah🙂

  21. Subhanallah…
    Jika Q nanti dah ngajar d SD. pikiran yg katanya Sejarah itu membetekan. akan saya ubah. Sejarah itu menjadi menyenangkan.anak2 akan lebih semangat dan senang dalam mempelajari Sejarah. Keep Hamasah ^_^

  22. wah mantap….
    apa yang mas sejarawan muda ungkapkan masuk ke hati
    semangat ya bro….

  23. saya mahasiswa sejarah UNPAD,,km dari mana ?

    1. Kami dari Sejarah UI, Mas Julkifly. Salam kenal🙂

      1. yoi,,,anak sejarah UI ada berapa org satu kelas..?

  24. Reblogged this on julkiflysinuhaji and commented:
    iya bagus sekali artikelnya, saya juga mahasiswa sejarah UNPAD agak menyesak mengambil sejarah, apalagi rumah saya di Medan, jadi bolak-balik Medan ke Bandung. Saya kasihan melihat orang tua saya yang di medan, kerja,

    1. Kok terputus tulisannya, Mas?
      Btw terima kasih sudah mampir. Kita di sini mencoba menularkan semangat cinta sejarah kepada kawan2 pemuda🙂

      1. iya ..semangat untuk tetap di jurusan sejarah,..heheh.
        ente udah smester brp..?

      2. Kami saat ini semester 4. Total teman2 seangkatan sih 63 dan itu dibagi dalam 2 kelas. Jadi sekelasnya sekitar 30an mahasiswa. Tapi tergantung kapasitas dan peminatan juga sih, Mas…

  25. sangat membantu saya. . .
    Untuk memilih fak saya. . .

    1. Syukurlah kalau dgn tulisan ini kami bisa membantu. Semangat selalu Fuadi🙂

  26. kak, boleh minta alamat msn/ym ga?
    saya mau diskusi nih

    1. Maaf nih, saya gk punya alamat msn/ym. Di fesbuk aja lebih enak hehe… ini akun FB saya: Fafa Firdausi

  27. Kak saya masuk jurusan sejarah ugm lewat jalur undangan. menurut kakak saya ambil atau tidak ?
    Lebih bagus sejarah UI atau UGM ya ?

    1. Karena emailnya pakai nama Nurbaiti, saya panggil Nur saja ya🙂

      Soal bagusan mana itu relatif. Bukan kapasitas saya bilang UI lebih bagus dari UGM atau sebaliknya. UI maupun UGM plus minus yang nggak bisa dibandingkan sebenarnya. Toh, saya juga kan nggak pernah ngerasain kuliah di UGM hehe.

      Mau diambil atau tidak semestinya kembali pada Dek Nur sendiri. Saya hanya bisa menyarankan, komunikasikan dgn orang tua dulu. Pastinya juga Dek Nur punya pertimbangan dan motivasi sendiri memilih jurusan sejarah, ya to? Yang penting susun rencana studi ke depan dgn matang. Kalau sudah ada planning sedari awal, insyaALLAH ke depan Dek Nur akan sukses di jurusan sejarah. Amiiin…🙂

      Sejarah Setara! Sejarah Juga Bisa Sukses! Semangat🙂

  28. halo kak🙂
    saya mau makasih banget sama kakak soalnya artikel ini bener-bener memotivasi saya 🙂

    saya(alhamdulillah) sudah masuk ke jurusan Ilmu Sejarah UGM melalui jalur undangan. meskipun sudah yakin dari awal pengen masuk Ilmu Sejarah, tetep aja waktu ada yang tanya kenapa pengen ke Sejarah dan apa prospek Sejarah ke depan, saya jadi agak ragu. apalagi temen-temen sekelas saya pilih jurusan yang (mungkin) prospek kerjanya lebih cemerlang, seperti Akuntansi dan Psikologi. tapi saya sih yakin lulusan Ilmu Sejarah juga bisa berkarya dengan sangat baik dan nggak ketinggalan dari jurusan lain yang lebih dielu-elukan.

    alhamdulillah karena baca artikel ini, saya jadi yakin kalau jalan saya ini benar. ini jalan yang sudah saya ambil, jadi saya harus hadapi 🙂 sekali lagi makasih kak🙂

    1. Terima kasih juga ya Dian, udah meuangkan waktu baca blog ini…😀
      Kami seneng bisa bantu memotivasi Dian. Semoga sukses ya di UGM. Yang penting adalah usaha kita, bukan jurusan kita. Keep moving forward, Dian🙂

    2. dianeyeye slm kenal,qt bakal satu kampus neh,gmn klo qt kenalan dulu biar nanti ospeknya lebih enak udah ada temennya

  29. kak, saya maba ui nih aha.
    mau tanya jurusan sejarah bisa jadi diplomat atau kerja di bidang internasional ga sih?
    saya rencana mau mendalami bahasa belanda juga.

    btw pas kemaren registrasi, senior2 sejarah asik2 ya kocak2, kayaknya seru xD

    1. Kami tidak berani bilang ‘pasti’ ya, tapi kesempatan itu ada. Ada beberapa teman kami yg juga berencana seperti Dani meski tdk spesifik jadi diplomat. Biasanya teman2 tertarik untuk bekerja di NGO atau melanjutkan studi di luar negeri. LAgi2 kembali pada usaha kita saat kuliah nanti. Pengetahuan bahasa Belanda akan sangat membantu nantinya dalam studi kamu, jadi itu usaha yg bagus🙂

      Yang menyambut Dani kemarin adalah temen2 Sejarah UI 2011 dan memang semua anak Sejarah UI asik2 haha😀
      Selamat bergabung dalam keluarga Sejarah UI ya… see you next time🙂

  30. Salam kenal smua…
    Alhamdulilah sy br aja ketrima di Ilmu Sejarah UGM lwt jalur SNMPTN…
    sy msk sejarah bkn untuk kerja,tp krna emang bener2 sk sejarah sejak dr kecil…
    jujur aja,sy ga peduli orang mw bilang,susah cr kerja lah,ato apalah,i dont care….
    i just wanna study n study…
    justru dr sejarah itu lah qt bs dpt mngmbl sebuah kesimpulan n tindakan apa yg hrs dilakukan,

  31. salam anak sejarah……………..

    jujur kak, saya mengambil sejarah karena hanya ingin masuk NEGERI nya saja, dan jika ada orang yg bertanya “mau jadi apa sejarah itu” (itu sangat mengecilkan hati saya).. tapi, saya sunguh” niat untuk belajar!!!! lalu apa yang sebaiknya saya lakukan kak???

    dan, apakah kk punya gambaran tentang jurusan sejarah mau jadi apa ke depannya nanti agar saya semakin percaya diri kak.

  32. kak,mau nanya..kalo mau jadi sejarawan ngambil kuliah di fakultas apa?jurusan apa?dan dimana?
    *mohon dijawab*

    1. Otomatis ya di jurusan sejarah. Biasanya masuk fakultas Ilmu Budaya/Sastra ada juga yg masukin di Fisip…🙂

  33. okay ka, siiip..🙂
    Hana Nguni Hana Mangke
    Tan Hana Nguni Tan Hana Mangke
    Hana Tunggak Hana Watang
    Tan Hana Tungga Tan Hana Watang
    Hana ma tunggulna aya tu catangna

  34. makasih banget ya kak untuk artikelnya,, itu ngebantu dan membuka wawasan aku tentang sejarah yang aku suka dari dullu. sekali lagi aku mau ngucapin terima kasih

  35. enam…ato lebih tepatnya hampir 7 tahun lalu…saya nyoba ikut SMPB (SNMPTN sekarang) saya berharap bisa di terima di jurusan pilihan saya, sejarah. but ternyata tak di terima. saya banting setir ke jurusan lain yg “not me” bgt, pilihan ortu. jadilah saya kuliah dgn pilihan ortu, lulus…dgn IPk tidak terlalu mengecewakan bisa di bilang bagus untuk ukuran ilmu yg tidak terlalu saya sukai. Dan jadilah sekarang saya bekerja di bidang yg sesuai jurusan kuliah saya. (wow!! ….tapi saya seperti robot.). saya pikir ya sudahlah, biar ortu tak kecewa…tapi saya pasti kejar sejarah tahun depan…. dgn sadar,tahu dan mau….. tahun depan…. saya ambil sejarah…. semoga kali ini tidak lagi gagal.

  36. kaka’ kuliah sejarahnya dimana ?

  37. setelah membaca blog ini..
    saya semakin bersemangat untuk masuk jurusan ilmu sejarah…
    memang benar pemikiran kebanyakan orang adalah ” mo jadi apa kuliah di ilmu sejarah ini” padahal jika kita tahu lebih dalam apa2 yang ada dalam ilmu sejarah itu, mo cari pekerjaan itu mudah..

    dan saya juga miris aja sama negara ini..
    buku2 sejarah dari sd sampai sma kelas 3 ini sama saja menurut pandangan saya..
    hanya hal2 yang itu2 aja, dan membuat pelajar bosan..
    di buku2 itu pun sengaja ada sejarah yg ditutup2i oleh penguasa..
    “Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”– RATM, 1999.

    sebuah keresahan di masa depan mengenai sejarah bangsa ini..
    mencari sosok yang mampu menelisik, memahami dan mengungkap sejarah yang sengaja di tutup-tutupi.
    Blak2an, menyampaikan kebenaran walau melawan arus kekuasaan. Bknn membisu lalu terarus dlm distorsi sejarah.

    satu kalimat singkat, filosofis dan patut menjadi renungan anak muda Indonesia yang hari-hari ini mengalami disorientasi dan kegalauan.
    “Jika seseorang tidak belajar sejarah, dia tidak akan mengenal dirinya”, kata Prof. Anhar Gonggong

    insyaallah tahun depan (2013) ane mau masuk ilmu sejarah UGM / UI

  38. wow..
    jadi pengen masuk ilmu sejarah

  39. keren.. tapi kalo boleh tanya tahap2 an untuk jadi Diplomat atau bekerja dibidang Internasional bagaimana? mengingat ada beberapa lulusan Sejarah bekerja disana.

  40. ka saya ingin masuk jurusan sejarah di UI. susah ga sih? biaya nya gimana?

    1. Lebih jelas bisa tanya2 lewat Facebook kami (Fafa Firdausi dan Omar Mohtar) atau lewat email di fafa.firdausi@ymail.com.

  41. saya adalah salah satu yang ‘tercebur’ dalam dunia di luar ilmu yang saya cintai….
    dulu saat masuk kuliah orngtua sangat demokratis memberikan pilihan…
    saya pikir sejarah bukanlah ilmu yang menjanjikan untuk kerja…
    maka saya memilih fak ilmu komputer…
    sekarang saya sudah lulus s1 kerja dan mempunyai pendapatan yang cukup dengan latar belakang ilmu yang saya miliki tetapi saya masih merasakan tidak ‘puas’ dan gelisah…
    karena saya belum bisa bergelut dengan ilmu yang saya cintai…
    saya ingin bergelut menyerap dan belajar sepenuhnya dengan ilmu yang saya cintai agar saya bisa memberikan sumbangsih lebih besar dan berguna …

    masih kah belum terlambat bagi saya yang berusia 26th ini ini untuk berkecimpung di sejarah dan mengmbil prody sejarah yang saya rindukan?…
    sehingga nantinya setelah lulus saya bisa mengabdi/berkarir pada ilmu yang saya cintai..
    lalu jenjang apa yang harus saya tempuh s1 apa s2?…
    jika mengambil s2 apakah bisa dari yang s1 berlatar sistem informasi?
    insyaallah nanti saya mengambil prody sejarah sambil menggantungkan pendapatan dari kerja freelance hasil dari ilmu yang saya dapatkan di s1 sebelumnya…

    1. Wah rasanya kurang pantas kalau kami yg masih S1 ini ‘menggurui’ yg udah lulus dan berpengalaman. Mungkin sekadar pandangan saja ini, Mas. Penanaman nilai-nilai sejarah atau info sejarah relatif masih belum meluas dan minim media pula. Bisa tuh Mas Rahadian mengambil peluang itu dgn menampilkan info sejarah dan nilai-nilai sejarah melalui media kreatif yg bersifat interaktif. Bukankah latar belakang Mas Rahadian cukup mendukung itu, kan? Game berlatar sejarah, media pembelajaran interaktif, website yg menampilkan info sejarah pasti akan sangat membutuhkan ilmu yg Mas Rahadian miliki. Semangat Mas🙂

    2. jjr sya masih bngung kak
      untuk s2 sya jurusan sejarah bgsx sya ngambil jrusan apalgi y??

  42. Rizki Bagus Prasetyo | Balas

    benaaar sekali mas saya sangat berminat sekali masuk ilmu sejarah kalau masalah prospek kerja itu urusan Tuhan kita mau dapat rejeki kerja dimana itu juga kuasa tuhan, tuhan menempatkan manusia sesuai dengan keunggulanya tujuan saya kuliah adalah menimba ilmu sebanyak banyaknya dlam Al Quran Allah berjanji akan menngkatkan derajat orang yg berilmu dan yg sellu mencari ilmu .

  43. Sejarah di tangan para Politikus | Balas

    Bagaiman jika kau mendengar Sejarah?, apakah kau masih tertawa.
    Bagaimana jika kau mendengar Dokter?,apakah kau merasa kagum?.
    aku tau sejarah itu rendah,aku tahu dokter itu bagus.
    Ini kedengarannya memalukan, tapi yang aku lebih tahu,itu semua punya MASA DEPAN.
    Biarlah manusia merancang kehidupnya, tapi ingat, jauh di atas sana TUHAN-lah yg menentukan rancanganmu.

    salam HISTORIA..!!!

  44. sungguh indah😦 aku ingin masuk ILMU SEJARAH DI SANATHA DARMA .

  45. aku dari dulu pengen masuk sejarah tapi ortu dan keluarga aku buat aku jadi bimbang , tpi dgn adanya artikel ini membuat saya ingin membeli omongan mereka ketika aku sudah mengerti apa itu sejarah . hidup tak pernah lepas dari sejarah .

  46. kak kalo jurusan sejarah itu lapangan kerjanya apa aja ya?

    1. Di komen2 atas udah ada kami jawab tuh… hehe

  47. lagi searching tentang fakultas sejarah akhirnya ketemu blog yang sreek.

    gini kak, saya sangat suka sejarah dari sd sampe kelas 3 sma ini, kakak saya juga di jurusan sejarah di universitasl lampung. saya juga ingin mengikuti jejaknya. pas saya bilang ke ayah saya, ayah saya marah . dia bilang kalau mau ambil jurusan sejarah jangan di UNILA. saya sempat binggung. dan tertarik dengan ilmu sejarah di UI.

    pertanyaanya ?. apakah di ilmu sejarah UI prospek kedepanya baik untuk mencapai karir, apakah bisa ilmu sejarah menjadi peneliti atau arkeolog dan berapa lama kuliah ilmu sejarah di UI ? kakak saya 4.5 tahun di UNILA dan sekarang menjadi guru, apa ketika wisuda dapat langsung mengambil s2 ??. maaf pertanyaan saya banyak karena saya galau kak,

    1. Lama kuliah normalnya 4 tahun (8 semester) dan di semua PTN atau PTS seluruh Indonesia pastinya sama. Lebih atau kurangnya tergantung pada mahasiswanya sendiri. Begitu juga jika meneruskan ke jenjang S2, tentu bisa. Di UI terdapat jurusan Arkeologi tersendiri, terpisah dari Ilmu Sejarah. So, kalau mau jadi arkeolog yang paling pas adalah masuk jurusan Arkeologi tersebut. Semoga bisa membantu menjawab kegalauan Wisnu ya. Keep spirit😀

  48. terima kasih ya ka semangat dan keyakinan hatinya.Alhamdulillah Allah tlh mnggerakan hti n jari ni utk mengklik postingan kk.skrg jd mkin optimis.

  49. Bang saya maba baru di UNDIP progam studi Ilmu sejarah, bisakah saya menjadi salah satu orang di kedutaan besar RI jika saya bisa berbahasa Inggris? Terima Kasih. Salam sejarah.

  50. Fix jurusan sejarah,suka bgt dari SD

  51. Dian Matias Saragih | Balas

    Boss, saya sangat suka sejarah, tapi tak ambil sejarah karena masalah “peluang kerja”. Lama saya renungkan, panggilan saya adalah di Ilmu ini, bukan ilmu teknik.

    Setiap membaca sejarah, saya selalu bergairah.

    Buat teman-teman yang mencintai Ilmu tertentu, jangan khawatir mempelajari Ilmu tersebut. Kalau masalah mengejar materi, tak usah khawatir. Kehidupan punya jalannya sendiri.

  52. Jangan kuatir para sejarawan, saya juga maba UNS ilmu sejarah,
    Ilmu sejarah prospeknya juga gedhe kok, jurnalis, guru/dosen. konsultan pariwisata, ilmuan, Kerja di Kedubes, konsultan budaya (y)
    dan kakak saya kebeneran alumnus Ilmu Sejarah dan sekarang dia kerja di Kedutaan besar RI di Zagreb, Kroasia (y). Yang penting fokusin ampe berprestasi dibidangnya insyaallah ada jalan.

  53. Muhammad Rizki Taufan | Balas

    Universitas mana saja yang ada jurusan sejarah? saya membutuhkan informasi itu.

    1. UI, UGM Yogya, Undip Semarang, Unair Surabaya, UPI Bandung, UNM Malang, dan beberapa PTN di luar Jawa.

      1. DI UNM DAN UNHAS juga ada

  54. Saya tertarik banget masuk jurusan sejarah sejak sd tapi gimana caranya meyakinkan orang tua saya supaya saya diijinkan masuk jurusan sejarah? Papah saya menyuruh saya untuk masuk jurusan yg gampang kerja

  55. ingat kata2 seorang guru sejarah kelikling di radio, “kalau ingin menghancurkan suatu bangsa, hancurkan dulu memori sejarah pada generasi mudanya”
    ya, mungkin inilah yang sedang dialami bangsa kita..

  56. kak saya baru kelas 3 SMA ni, rencana kuliah nanti mau ambil jurusan ilmu sejarah, bagaimana menurut kakak ?

    1. Wah, seneng ada pembaca yg punya passion sama. Yup, pokoknya terus semangat n belajar giat biar bisa masuk jurusan sejarah di PTN/PTS yang kamu inginkan🙂

  57. kakak saya masih kelas 3 SMA ni, terus rencananya mau kuliah nanti ambil jurusan Ilmu sejarah, nah menurut kakak di UNIV. mana yang peluangnya besar untuk dimasuki dan yang bagus di UNIV. mana ya kak… terus bisa gak jadi dosen lulusan ilmu sejarah hehe??

    1. Mahasiswa yg lulus bisa jadi dosen semua kok, apapun jurusannya. Yang penting memenuhi syarat jadi dosen tentunya.
      Klo soal bagus-bagusan PTN saya gak bisa jawab, itu relatif. Tinggal kamu mau mendalami sejarah apa… Klo minat sama sejarah politik bisa ke UI. Sejarah maritim bisa ke UNDIP. Sejarah sosial-budaya bisa ke UGM. Sejarah kuno bisa ke UNM. Pendidikan Sejarah bisa ke UNM, UPI, atau UNJ. Semangat🙂

      1. Muhammad Hidayatullah

        Kak, saya mau nanya, bagaimana pendapat kak fafa kalau ilmu sejarah di UIN ? itu lebih mendalami sejarah apa ?
        Jujur kak saya masih bingung mau milih jurusan sejarah atau nggak, ada yang beranggapan jangan milih jurusan yang cuma sekedar suka tanpa tau prospek ke depannya itu gimana, tapi lewat postingan kakak sama komentar di atas, saya jadi nerima banyak informasi tentang jurusan sejarah, terima kasih para sejarawan muda🙂
        saya khawatir kak, kesukaan saya sama sejarah cuma sekedar suka aja, soalnya saya baru suka sejarah pas udah mau UAS ips. Itu gimana ya kak ? Tolong saran ya kak, terimakasih.

  58. Kak.bedanya kalo ngambil jurusan sejarah sama jurusan arkeologi apa kak?
    Terus saya mau nanya,universitas di luar negeri yg termasuk bagus dalam ilmu sejarah dan arkeologi itu apa? Thank’s.

  59. salam dari anak sejarah UIN Alauddin Makassar….!!!!

  60. Kak, Alhamdulillah, saya sekarangni banyak membaca buku-buku sejarah walaupun saya tidak pernah ambil bidang sejarah dalam O-level, tapi saya benar-benar minat dalam bidang sejarah lebih-lebih lagi dalam sejarah islam, dengan membaca sejarah ia dapat membuka hati saya dengan mengetahui kisah-kisah silam yang benar dan kisah yang adakalahnya direka-reka orang, sehingga kisah sejarah yang tidak benar menjadi benar dan disampaikan orang sampai saat ini, baca sejarah juga buat saya dapat tahu tentang pencipta Alam ini, benar-benar menakjubkan, saya juga minat dalam bidang arkeologi,lebih-lebih lagi mengetahui tempat-tempat lokasi lampau membuat saya bertambah lagi keyakinan tentang peristiwa lampau, inilah interestingnya membaca buku sejarah,Saya juga ada keazaman nak melanjutkan pengajian di university malaya dalam bidang sejarah dan tamadun islam, Bolehkan saya sambung belajar disana, sedangkan saya tidak ambil bidang sejarah dalam O-level saya, kalau
    saya ambil O-level, subject apa yang saya boleh ambil untuk dapat sambung dalam bidang sejarah di University dan jadi ahli sejarah dalam kerjaya saya…….

  61. Terus kak, fakultas sejarah terbaik di Indonesia dimana kak? Mohon infonya~ terima kasih.

    1. Saya gak punya kapasitas dan otoritas buat menjawab ini. Tapi saya bisa kasih info bahwa tiap2 PTN punya spesialisasi sendiri di bidang sejarah. UI condong ke kajian sejarah politik, UGM condong ke sejarah sosial-budaya, Undip condong ke sejarah maritim, UM condong ke sejarah Indonesia kuno dan pendidikan, klo mau fokus ke pendididikan sejarah bisa di UPI atau UM. Itu beberapa yang saya ketahui. Jadi tinggal disesuaikan ke passion aja sih klo menurut saya.

  62. ka’ mkasih bgtz bwat info.nya!! jadi gk sbar k PT ajh!!😀

  63. Kak sebelumnya terima kasih banget sama artikelnya, saya jadi makin yakin mau ke jurusan ilmu sejarah
    Tapi saya kebetulan dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, apa nanti pas kuliah ada program beasiswa yang bisa membantu masalah biaya asalkan kitanya berprestasi? (saya udah coba mengajukan beasiswa bidik misi sih)
    Terus pas nanti misalnya mau langsung S2, apa suka ada yang menawarkan program beasiswa? Saya lebih tertarik mengembangkan keilmuannya jadi saya ingin jadi dosen/guru
    O iya facebook kakak masih sama kayak yang di comment-an atas kan? Nanti saya add yah, pengen sharing lebih banyak
    Mohon dijawab ya kak, di tunggu…

    1. Krn saya mahasiswa UI, saya jawab yg saya tau di UI aja ya.
      Klo di UI ada jg beasiswa2 lainnya dan sering diinfokan. Dari luar jg ada, sprt beastudi Etos atau dari lembaga lain. Tapi biasanya dr lembaga yg ngasih beasiswa mensyaratkan agar kita hanya ikut dalam satu program beasiswa saja. Misal, klo udah dapet bidik misi gak boleh lagi ambil beasiswa lain lagi. Buat pemerataan tentunya.. hehe

  64. Salam kenal. saya seorang staf pengajar di jurusan Ilmu Sejarah Universitas Andalas (Unand) Padang. Saya ingin share pengalaman saya. Ketika SMA dulu saya memang suka pelajaran sejarah, tetapi ketika itu saya tidak pernah bercita2 atau membayangkan akan menjadi sejarawan suatu saat kelak, hanya sekedar suka saja, apalagi waktu itu jurusan saya di SMA adalah IPA dan saya di kelas mendapat rangking 1 di salah satu SMA favorit di Sumatera Barat. Ketika tamat SMA saya ikut SPMB, dan ternyata tidak lulus meskipun nilai NNEM dan ijazah saya tinggi. Saya sangat sedih dan terpaksa menganggur selama 1 tahun, karena orangtua saya yg berprofesi sebagai petani tidak mampu membiayai saya kuliah di swasta. Tahun berikutnya saya ikut SPMB lagi, dan karena sudah merasakan betapa tidak enaknya menjadi pengangguran saya sengaja memilih jurusan yg asal saja, yg penting saya lulus. Waktu itu saya pilih jurusan Ilmu Sejarah di Unand dan Sastra Arab di USU serta satu jurusan eksak di USU juga. Saya ternyata lulus di Ilmu Sejarah Unand. Saya sangat senang karena akhirnya saya bisa kuliah di PTN. Setelah kuliah, saya merasa kecewa karena ternyata kualitas teman2 sekelas (menurut perasaan saya ketika itu) jauh lebih rendah dibanding kualitas teman2 saya waktu di SMA. Hal ini membuat saya malas kuliah dan sering tidak masuk, Alhasil IP saya di semester 1 dan 2 sedang2 saja, tidak tinggi, tapi juga tidak terlalu rendah. Hal ini berlangsung selama 4 semester. Pada semester ke-5, tiba2 saya sadar bahwa mau tidak mau saya harus serius kuliah, karena kalau tidak serius, mau jadi apa saya nanti. Hasilnya, Alhamdulillah IP saya menjadi yg tertinggi di kelas. Pada semester 7 dan 8 nilai2 yg jelek di semester 1-4 sebelumnya saya perbaiki. Saya mengulang matakuliah2 tsb. Berbeda dg sebagaian besar mahasiswa mengulang yg jarang masuk, saya selalu masuk kelas dan aktif di kelas, sehigga nilai saya kemudian berubah menjadi A atau B. Alhamdulillah, ketika tamat IPK saya menjadi yg tertinggi di angkatan saya dan tamat nomor 2. Beberapa saat setelah saya tamat, ada teman yg memberi kabar ada beasiswa URGE dari pemerintah untuk mendidik calon dosen yg berkualitas dg syarat2 yg lumayan berat, seperti IPK, nilai TPA, lama studi waktu S-1, dan harus 5% terbaik sewaktu wisuda. Saya ikut mendaftar dan Alhamdulillah lulus dan mendapat beasiswa. Saya memilih kuliah di UGM. Setelah tamat saya kemudian diangkat menjadi dosen di Unand (karena beasiswa saya adalah beasiswa ikatan dinas). Setelah menjadi dosen, tiba2 saya ingat cita2 saya ketika kecil dulu yg ingin sekali kuliah di IPB. Meskipun dari jurusan sejarah saya kemudian memberanikan diri mendaftar di IPB dan Alhamdulillah diterima dan mendapat beasiswa BPPS. Walaupun banyak teman2 dosen di FIB yg heran karena saya kuliah di IPB, saya tidak peduli. Saya ingin tunjukkan bahwa orang sejarah juga bisa kuliah di IPB dan Alhamdulillah saya bisa tamat tepat waktu dengan IPK yg lumayan bagus.

    1. Di IPB ambil jurusan apa mas? Trus mas umur berapa itu waktu masuk IPB?

  65. Wahh..tulisan lama tapi bermanfaat
    jd makin berfikir kedepan

  66. JASMERAH
    “Jangan Sekali-Sekali Meninggalkan Sejarah”
    Bangsa yang besar adalah bangsa yg menghargai sejarah bangsanya

  67. Terima kasih telah membuat tulisan ini, Kak! Tulisan ini membuatku makin yakin mendaftar SNMPTN 2014, jurusan Ilmu Sejarah UI. Syukur kepada Tuhan karena saya diterima dari jalur ini.

    Doakan saya, Kak, supaya saya mendapat kemudahan dalam menjalani perkuliahan agar cepat lulus dan segera membaktikan diri untuk membangun masyarakat🙂

    1. Alhamdulillah, turut senang bisa sedikit membantu. Semoga sukses dengan cita-citanya. Sampai ketemu di UI🙂

  68. makasih Mas ya… inilah jawaban yang selama ini saya cari…

    universitas yang bagus untuk ilmu sejarah,, apa ya Mas.??

    1. Sila baca lagi tulisan saya, saya sudah jelaskan soal universitas yang membuka jurusan ilmu sejarah juga🙂

  69. salam,..
    saya mahasiswa DKV,.. tapi pingin khatam sejarah, biar memadukan ilmu visual dengan konten sejarah..
    apa ya syaratnya ambil master degree ilmu sejarah..? di indonesia ato luar negeri gitu?

  70. Aku paling suka sejarah tentang penaklukan, revolusi kemerdekaan, dan kisah-kisah peperangan. Rasanya ketika membaca kejadian masa lampau itu, seakan-akan aku hidup di masa itu dan menjadi dalang utama dari sejarah. (Cuma bayangin lo ya)

  71. Alhamdulillah ka saya dapet di Ilmu Sejarah Undip.
    Mau nanya kak, kakak kan jurusan sejarah ya dan dari tadi ngomongin prospek kerjaan terus.
    Ngomong-ngomong kakak udh kerja atau masih kuliah?
    Kalo udah kerja, kakak kerja di mana dan di bidang apa?
    Saya mau memantapkan diri saya untuk kuliah di jurusan ini dengan cara tau gimana orang-orang yg udah lulus dari jurusan sejarah dan kerjanya apa.

    MAKASIH MAKASIH

    1. Saya masih tahap akhir kuliah, sedang skripsi. Di luar kampus saya bangun komunitas diskusi dan perbukuan dengan beberapa kegiatan seperti riset mandiri, workshop creative writing, book project. Bersamaan dengan itu juga saya sedang membangun bisnis travel edukasi. Di luar itu saya juga sedang mengerjakan project riset untuk sebuah film sejarah yang akan tayang 2016.

      So, kalau mau mengembangkan diri dan kerja kreatif anak sejarah pun bisa kan… Demikian juga kamu🙂

  72. seharusnya pemerintahhhhh
    harus membuka lebar dong terkusus jurusan yang
    berkaitan denhan sajarah…..
    kalau tidak siapa yang mau meneruskan kalau bukan anak mudah bangsa….
    harapan saya selaku alumni sejarah terkadang minderrrrr
    kalau ada yang bilang mau diterima dimana klu jurusan sejarah..
    tapi saya terus konsisten bahwa tuhan sudah mengatur segalanya,,,

  73. Yohanna Novathalia | Balas

    Iyaaaa ih.. Pas aku bilang aku mau milih jurusan ilmu sejarah, orang orang itu pada nanya.. “SEJARAH??? MAU ILMU SEJARAH?!! Udh kerja mau jadi apa? Mentok” guru sejarah..” Tp setelah baca artikel ini, jadi tau hrus jawab apa klo di tanya prospek kerjanya apa… Thanks ka.. Artikelnya bermanfaat sekali. Doakan saya masuk Jurusan Ilmu Sejarah UGM. Terimakasih🙂

  74. Mmbaca, Memahami Brimajinasi Bgaikan Sya Plaku Dlm Stiap Bacaan Sjarah–> Bgitulah CaraQ memahami Stiap Bacaan Sjarah.

    Skrng Q Kuliah d Universitas Hasanuddin, Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Ilmu Sejarah, Angkatan 2011. Alhamdulillah🙂
    Target Slanjutx Bisa Lanjut S2 d UGM Dgn Mndapatkn Beasiswa. Smoga Trcapai. AMin
    Cita2 Q Sih Pngin Jd Dosen Tp Klu Smpai S1 Aja Yha Krja d Kantor Pariwisata Aja Smbil Buka Usaha. Curhat Kali Yeeee…….

  75. Pertama Bro saya salut sm ente bikin saya terhanyut sampe gak sadar saya baca sampe selesai tulisan ini, kedua gara2 tulisan ente ini saya ngerasa lucu… pada saat diakhir studi saya ini saya baru bisa menerima kenyataan kalo saya ini anak sejarah dan harus menjalaninya dengan ikhlas serta serius. Thanks Bro

  76. Pertama Bro saya salut sama ente bisa bikin saya terhanyut baca tulisan ente sampe selesai, kedua saya merasa lucu sama diri sendiri didetik-detik akhir studi saya ini sebagai mahasiswa saya baru bisa sadar kalo saya ini anak sejarah. Harus ikhlas serta bersyukur kemudian menjalaninya dengan sungguh2. Thanks Bro

  77. makasih kak buat informasinya. bisa menambah pengetahuan dan niatan saya. oh ya kak saya juga mau tanya sekarang ini apakah saya harus tetap di jurusan ipa sedangkan saya ingin mengambil kuliah jurusan sejarah? atau apa saya harus pindah ke jurusan ips? karena seperti yang saya tau sih sejarah lebih condong ke ilmu sosial? bagaimana pendapat kakak ?

    1. Tetap di IPA sebenarnya juga tidak masalah. Nanti bisa ikut IPC atau langsung IPS pas seleksi masuk PTN. Mgkn bisa ditunjang dgn ikut kelas IPS di bimbingan belajar.

  78. sejarah itu mengasyikkan ka.. ada juga loh yg dlu nya SMA nya kelas IPA trus kuliah nya masuk jurusan sejarah. karna dia saking cinta nya sm sejarah

  79. Saya umur sudah hampir 30 tahun, tapi saya baru mulai punya rasa haus akan sejarah. Hampir setiap hari berjam-jam saya baca atau browsing sejarah tentang apa saja. Baik itu sejarah kerajaan dan kebudayaan di nusantara, sejarah islam, juga sejarah romawi dan eropa.
    Saya ingin tau sejarah lebih banyak lagi. Kalo bisa malah saya bisa tau sejarah peradaban manusia sejak zaman nabi adam sampai hari ini hehe.
    Kira2 yang seperti saya ini ambil kuliah jurusan sejarah sudah telat nggak ya? Ada gak kelas malam untuk jurusan ini? Thanks.

  80. Artikel yang menarik dan menginspirasi. Saya mahasiswa ilmu sejarah Universitas Negeri Malang. Salam kenal.

  81. mas lagi ragu nih masuk jurusan ilmu sejarah,tapi saya tertarik dan cinta minta ampun ama sejarah ,sekedar butuh arahan aja mas kira kira tempat kuliah ilmu sejarah dimana aja ya

    1. Untuk hal ini sudah penulis bahas di artikel dan komen2 sebelumnya.

  82. Kak, mau tanya. Di jurusan Ilmu Sejarah itu ada tugas apa saja ?
    Dan apakah bisa setelah lulus menjadi guru sejarah, atau dosen sejarah ?

    Oh ya, btw saya sangat menyukai pelajaran Sejarah, sejak kelas 5 SD. Doakan di SNMPTN tahun ini saya bisa diterima masuk jurusan Ilmu Sejarah di Universitas Negeri Malang, kak.

    1. Yang mau masuk Ilmu Sejarah di Universitas Negeri Malang, Soal tugas tergantung dosen, biasanya berupa makalah dan presentasi, ada juga pembuatan film dokumenter (Teknologi Informasi sejarah), di semester 2 hingga 4 ada mata kuliah bahasa Belanda tingkat 1,2, dan 3. Kalau ingin menjadi guru dan dosen setelah lulus tentu bisa, Mahasiswa Ilmu Sejarah UM bisa mengambil gelar ganda yakni S.Hum dan S.Pd. Optimis bisa masuk UM, saya dulu juga masuk UM melalui jalur SNMPTN. Semoga diterima,,

  83. Terima kasih Kak. Saya jadi percaya diri buat masuk jurusan ilmu sejarah.
    Mumpung baru kelas 1 SMA saya akan bekerja keras dan menyebarluaskan fassion saya kepada sahabat, yaitu BUKU SEJARAH. I love Indonesia, I love history, hehe…

  84. Blog menarik bagi saya yang merasa bahwa orang tua saya adalah korban kebohongan sejarah selama 32 tahun (Baca: Orde Baru) dan sikap perlawanan saya terhadap hegemoni tersebut. Saya sekarang mahasiswa di sekolah tinggi desain dan mulai jenuh alias mau banting setir. Saya suka ilmu berpikir (filsafat) dan sejarah. Apa di jurusan sejarah dipelajari juga ideologi2 atau paham2 seperti di filsafat? Gimana keadaan di kampus2 jurusan sejarah sekarang ini, apa masih sering ada “pembelokan” sejarah karena sebab kuatnya doktrin OrBa?

  85. kak ,.saya ingin ikut SBMPTN yang sejarah UNAIR .peluangnya gimana ya
    ?

  86. perbedaan ilmu sejarah dengan pendidikan sejarah apa ya kak ?
    mohon penjelasannya. terima kasih

  87. keren buat arahannya, delima dimasa sma hehehe

  88. Nice info kakak, permasalahan yang dihadapi oleh orang-orang yang merasa dikucilkan karena jurusan yang dia masuki dianggap tidak memiliki “prospek”. Padahal ketika seseorang memilih apa yang dia minati, disitu dia bisa hidup.
    Izin share ke junior-juniormu hehe

  89. ka saya masih kelas xi sma nah saya baru baca sekarang postingan ini hehe.. saya sangat tertarik dengan sejarah dan rencananya mau ngambil ilmu sejarah . tapi saya tanya sama guru sejarah katanya kalau ilmu sejarah itu lebih ke sastranya . apakah betul ? soalnya saya orang yang susah di sastra .. sebelumnya makasih ka

  90. lutfia nur hamdani | Balas

    salam..
    kak saya ingin bertanya.
    apa kakak sekarang udah bekerja atau masih skripsi???
    soalnya saya lagi bingung sekali kak, saya keterima dijurusan ilmu sejarah tapi itu yang murni. bukannya saya ndak suka hanya saja saya sedikit takut. takut nanti pelajarannya sulit untuk saya pelajari. soalnya saya dari smk dan jurusannya pun beda sama pilihan saya sekarang ini. saya takut nanti saya akan sulit beradaptasi di um.
    tolong beri saya sedikit saran. terima kasih🙂

  91. makasih buat info nya ini kak. memang sedari kecil saya sudah suka dan sangat berminat saat kuliah nanti mau masuk ke jurusan sejarah. tapi ya itu, masalah disekitar saya ” apa enaknya masuk jurusan sejarah? yang ada cuma cerita jaman dulu, ngbosenin pula. terus mau kerja aja kalau sudah lulus”
    meskipun gitu, tetep aja sejarah itu membuat saya semakin mengikat saya untuk mempelajari semakin dalam lg. dan setelah baca postingan ini, tekat saya semakin kuat untuk masuk jurusan sejarah.

  92. sebenarnya saya masih belum lulus SMA sih, tapi ambil ancang-nacang gogling dan ketemu artikel kakak. bagus sekali artikelnya kak membuat saya tidak ragu lagi masuk ke dunia sejarah. kak boleh tanya cita cita saya pingin jadi arkeolog tapi belum jelas gimana caranya jadi trus kalau jadi arkeolog itu bekerja di bawah siapa ?. kalau kakak tahu detailnya tolong jawab dong. terima kasih

    1. halo untari kasetya. mau coba bantu jawab nih. Kl mau terjun di bidang penelitian mengenai arkeologi beberapa diantaranya adalah Kemendikbud, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, atau di perguruan tinggi yang mempunyai jurusan arkeologi.

  93. saya diterima di jurusan ilmu sejarah UI tahun 2015 setelah baca tulisan ini saya jadi makin mantap, karena jujur, saya memilih jurusan sejarah ‘cuma’ karena jurusan ini sedikit (sepertinya) hitung2annya (saya payah di matematika), semoga semoga ilmu yang kita dapat berguna bagi orang bayak, Amiiiiin

  94. Terimakasih ya kak, sangat termotivasi dengan tulisan yang kakak buat dan komentar2 dr teman2… Alhamdulillah sy diterima di prodi Ilmu Sejarah UNAIR Sby jalur snmptn tahun 2015 setelah membaca tulisan ini Membuat pandangan saya menjadi lebih luas dan lebih yakin bin pd, hehehe.. sebenernya sih sy udah lama pngen di prodi ini, tapi setelah keterima & mendengar tanggapan orang2 disekitar saya”Jurusan Sejarah? Mau Ngapain ?” hal itulah yang membuat sy bingung ,galau dan berpikir ulang alias ragu dg pilihan ini.. Tapi setelah membaca postingan ini saya jadi termotivasi ++..
    Semangaaat !! SalamIlmuSejarah ^_^

  95. Assalamu’alaikum,
    nama sy novi. Sy skrng kls 3 MA. Dulu wktu masih MTs sy plng suka pelajaran IPS, terus ambil jurusan IPS dan sy lbh condong ke sejarah. Teman2 sy jg berkata hal yg demikian, jd sy makin semangat. Lalu sy cari2 informasi prodi kuliah yg ada hubungannya dg sejarah, sy menemukan 3 jurusan yg garis besarnya mengarah pd jurusan sejarah. Yaitu pendidikan sejarah, arkeologi, dan ilmu sejarah. Dari awal sesuatu yg berbau “pendidikan” sudah sy hapus dr list sy, karna jujur sy tdk berminat menjadi pengajar. Sebenarnya sy tertarik mengambil arkeologi, tetapi stlh sy fikir2 pasti mencari penyumbang dana untuk penelitian tdklah gampang, apalagi sy takutnya hal itu malah dimanfaatkan oleh org2 yg pny kepentingan yg nantinya prinsip2nya tdk sesuai dg sy. Sy berminat untuk masuk di ilmu sejarah. Tujuan awal sy adalah UNDIP krn itu ptn yg dr kecil sy impikan, selain itu jg jaraknya yg tdk terlalu jauh dr daerah asal sy. Tp skrng sy ingin mimpi yg lebih jauh lg, kasarannya diatas langit masih ada langit. Skrng yg sy impikan adalah UGM/UI. Awalnya memang sy ragu untuk memilih jurusan ini karna jujur saja untuk bs kuliah adalah hal yg sangat sy syukuri dan sy harus memanfaatkannya dg sebaik mungkin, tp akhirnya insya’allah sy mantap memilih ilmu sejarah, sprt yg anda katakan “kalau suatu bidang yg kita minati terus kita tekuni, insya’allah suatu saat nanti akan ada manfaatnya”

  96. terima kasih kak atas pencerahannya hehe. Jujur aja, saya masih labil untuk menentukan jurusan untuk kuliah nanti. saya suka menulis, membaca, menganalisis, berbicara, mengarang. Saya juga suka mengetahui apapun yang terjadi disuatu tempat. pertama kali yang ada dipikiran saya saat ditanya “mau kuliah jurusan apa” entah saya langsung menjawab sastra jerman. mohon pendapatnya kak. saya mempunyai beberapa pilihan yang menurut saya itu ada di passion saya, seperti sastra, sejarah, komunikasi, HI. kalau ditanya di raport nilai paling tinggi adalah sejarah kebetulah saya ips. mohon pendapatnya kak. jalan mana yang harus saya pilih hehe. Terima kasih kak.

  97. Saya mau tanya, sekarang kakak masih kuliah atau sudah lulus dan bekerja? Kalau sudah bekerja, boleh tau kakak bekerja apa?

    1. Saya sudah lulus. Saat ini saya mengajar, buka warung, dan mempersiapkan penerbitan buku.

  98. kak saya smk jurusan multimedia apa bisa masuk jurusan sejarah? kebetulan saya suka banget sama sejarah

    1. Bisa, ikut sbmptn jalur ips.

  99. Ia emang bagus kk.
    Tapi saya masih bingung kk
    Kalok kuliah nanti ngambil jurusan apa!
    Saya pengen ny ngambil jurisan sejarah ataupun hukum
    Dan banyak org yg bilang peluang untul kerja ny susah, kk pada bantu akulah .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: